Cara Memotong Jalur Pada Panel LSC320AN09-G01

Gambar
 Sering kita jumpai kasus pada panel LSC320AN09-G01 terjadi blank sreen diakibatkan terjadi short kecil dari GIP scandrive sehingga tegangan dari ic multi power supply terproteksi Solusinya tentu sudah pada tau yaitu potong jalur data  Untuk mendapatkan hasil gambar yang sempurna seperti pada aslina sebelum di potong jalur  Maka cara pemotongan jalur harus tepat maka gambar akan halus seperti sedia kala tanpa ada serat kasar pada gambar Tapi masih banyak yang pelum rapih dalam pengerja'annya  Ada yang cuma potong 1 jalur Ada cuma potong 2 jalur Tentu saja selain gambar menjadi kasar kalau gambar bisa kembali itu juga akan menyebabkan jalur yang lain akan cepat short kembali jadi kurang awet Nah di bawah saya beri tanda pada gambar jalur mana saja yang harus di potong  Dengan cara itu selain gambar menjadi halus seperti aslinya juga lumayan awet Itu adalah jalur CKV1 CKV2 CKVB1 CKVB2 STV Semoga bermanfa'at 

Cara Mengatasi Gambar Bergaris Diatas

 Cara mengatasi gambar bergaris diatas seperti mengkerut


Hay apa kabar semua...???
Semoga kalian dalam keadaan baik dan tetap semangat untuk mencari nafkah dimusim covid-19 ini walaupun semua serba susah

Kali ini saya akan membahas sala satu penyakit tv tabung dengan gejala gambar bergaris diatas seperti ada mengkerut 

Seperti pada gambar di bawah saya kadih contoh tv tabung SHARP 



Seperti itu terlihat gambar seperti ada kerutan di bagian atas layar

Untuk penyakit seperti itu diakibatkan karena ic vertikal mengalami kekurangan tegangan supply
Pada umumnya tegangan vertikal 26-30V untuk single supply dan 12-15V untuk supply CT 

Gejala seperti itu sering kita alami pada tv yang mengambil supply vertikal dari fbt dan setelah kita ganti fbt dengan kualitas KW sering mengalami tegangan out di kaki fbt gak sesuai komposisi yang dibutuhkan kadang kebesaran kadang juga kekecilan

Kalau kebesaran tentu kita harus membuat lilitan di ferite fbt guna untuk mengalihkan tegangan yang dibutuhkan supaya sesuai dengan yang dibutuhkan

Yang akan saya bahas kali ini adalah yang kekurangan 
Untuk cara mengatasinya bila tegangan vertikal kurang yaitu kita harus menambah

Caranya yaitu dengan ini

Kita tabah lilitan di ferite fbt untuk menambah tegangan yang kurang

Saya kasih contoh yang saya kerjakan adalah tv SHARP tegangan vertikal hanya 23V berarti untuk mencapai normal 26V masih kurang 3V lagi

Kita potong jalur dari kaki fbt dan sambung dengan kabel trus lilitkan di ferite fbt lalu sambung kembali seperti pada gambar dibawah



Seperti itu 

Untuk cara melilitnya kita harus lilit dulu satu per satu dan sambil diukur untuk mencegah tegangan terlalu besar nantinya 

Kita lilitkan kabel di ferit fbt kalau misal tegangan malah berkurang kita rubah arah lilitan kalau misal tadi kita awal melilit dari kanan kita pindah dari kiri hingga kalau kita coba 1 lilitan dulu tegangan akan bertambah sekian V 

Saya kasih contoh seperti yang sudah saya lilit di ferite fbt




Tegangan yang saya butuhkan adalah 3V dan hasil pengukuran tegangan itu di dapat dengan 2 lilitan saja 

Setelah kita lilit maka kita ukur tegangan apakah sudah cukup untuk tegangan yang diperluka yaitu 26-30V saja 

Untuk yang saya kerjakan hasilnya lumayan bagus gambar jadi normal karena tegangan vertikal sudah mencukupi sesuai yang dibutuhkan






Oke sekian cerita dari saya cara mengatasi gambar ada garis di atas layar yang diakibatkan kekurangan tegangan ic vertikal

Sekarang saya akan lanjut ngopi dulu sebelum memulai aktifitas dipagi hari 



Kritik dan gorengan silahkan tulis di kolom komentar atau ada yang mau ditambahkan seperti goreng pisang atau goreng tempe

Insya Allah saya akan kembali dengan goreng singkong
Eeh dengan artikel lain yang masih berhubungan dengan masalah servis elektronik

Saya Nurjaman Elektro 
Selamat beraktifitas semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat dan dimudahkan rizki oleh tuhan untuk kita mencari nafkah demi keluarga kita tercinta

Wasalammu'alaikum WR WB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data COF Kupingan Panel LCD

CARA CEK IC PWM PSU LED TV OB2273/NCP1251

Cara Jumper Kupingan Panel LCD Pada Jalur VGH/VGL