Cara Memotong Jalur Pada Panel LSC320AN09-G01

Gambar
 Sering kita jumpai kasus pada panel LSC320AN09-G01 terjadi blank sreen diakibatkan terjadi short kecil dari GIP scandrive sehingga tegangan dari ic multi power supply terproteksi Solusinya tentu sudah pada tau yaitu potong jalur data  Untuk mendapatkan hasil gambar yang sempurna seperti pada aslina sebelum di potong jalur  Maka cara pemotongan jalur harus tepat maka gambar akan halus seperti sedia kala tanpa ada serat kasar pada gambar Tapi masih banyak yang pelum rapih dalam pengerja'annya  Ada yang cuma potong 1 jalur Ada cuma potong 2 jalur Tentu saja selain gambar menjadi kasar kalau gambar bisa kembali itu juga akan menyebabkan jalur yang lain akan cepat short kembali jadi kurang awet Nah di bawah saya beri tanda pada gambar jalur mana saja yang harus di potong  Dengan cara itu selain gambar menjadi halus seperti aslinya juga lumayan awet Itu adalah jalur CKV1 CKV2 CKVB1 CKVB2 STV Semoga bermanfa'at 

Perbaiki PSU TV China Tidak Bekerja

 Hallo apa kabar semua...???

Semoga kalian dalam keada'an sehat wal'afiat dan sukses selalu dalam menjalankan aktifitasnya
Dan juga semoga servisannya banyak selalu meski di musim paceklik ini

Oia saya punya cerita kali ini...
Yaitu saya memperbaiki PSU TV China gejalanya mati gak ada tegangan sekunder tapi bukan karena TR final yang mati juga bukan fuse yang putus

Oke langsung saja kita lihat fotonya saya ukur di elco induk 400V ada tegangan seperti pada foto dibawah


Seperti itu menandakan tidak ada yang short pada komponen PSU

Tapi saya ukur sekunder tidak ada tegangan sama sekali dan di sekunder juga tidak ada yang short


Kemudian saya ukur basis TR final PSU wah tidak ada tegangan sama sekali 
Saya curiga sama R start yang 120K X2 saya ukur semua baik-baik saja


Dan tetap di kaki R yang kedua yang masuk kebasis TR final gak ada tegangan

Agak lama pertarungan hingga saya ukur juga TR A1015 di dekat optocoupler tidak menandakan shor dan coba ganti optocoupler juga tidak berhasil

Akhirnya dengan sedikit jengkel saya ganti TR A1015 yang tadi dan tegangan basis terukur 1.2V 

Wah ternyata dia yang kelihatan baik tapi busuk juga dalamnya 
Bukan dalam hatinya yah TR gak punya hati

Nah ini dia saya ganti TR A1015

Setelah terukur basis mempunyai tegangan untuk start yaitu 1.2V kemudia saya pasang lagi TR final dan hasilnya tegangan sekunder yang tadinya ngumpet akhirnya keluar juga


Namun ada kendala lain yaitu elco B+ kembung entah masuk angin atau masuk apalah dan gak tau juga itu elco CW atau CWO

Gak perlu dibahas masalah elco takutnya kita membahas aib elco
Heheheheheeee

Yang pasti setelah penggantian elco B+ juga TV normal jaya

Yap mungkin hanya itu cerita memperbaiki PSU TV China yang tidak mau bekerja mungkin juga karena dia sudah capek bekerja atau gajihnya kecil atau apa gak tau alasannya saya
Yang pasti saya paksa saja suruh bekerja lagi dan diapun nurut 

Sekian dari saya Nurjaman Elektro yang ganteng komplit 

Salam solder hangat meskipun tak sehangat kehidupan 

Wasalamualaikum warakhmatullahi wabarakaatuh

 






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data COF Kupingan Panel LCD

CARA CEK IC PWM PSU LED TV OB2273/NCP1251

Cara Jumper Kupingan Panel LCD Pada Jalur VGH/VGL