Cara Memotong Jalur Pada Panel LSC320AN09-G01

Gambar
 Sering kita jumpai kasus pada panel LSC320AN09-G01 terjadi blank sreen diakibatkan terjadi short kecil dari GIP scandrive sehingga tegangan dari ic multi power supply terproteksi Solusinya tentu sudah pada tau yaitu potong jalur data  Untuk mendapatkan hasil gambar yang sempurna seperti pada aslina sebelum di potong jalur  Maka cara pemotongan jalur harus tepat maka gambar akan halus seperti sedia kala tanpa ada serat kasar pada gambar Tapi masih banyak yang pelum rapih dalam pengerja'annya  Ada yang cuma potong 1 jalur Ada cuma potong 2 jalur Tentu saja selain gambar menjadi kasar kalau gambar bisa kembali itu juga akan menyebabkan jalur yang lain akan cepat short kembali jadi kurang awet Nah di bawah saya beri tanda pada gambar jalur mana saja yang harus di potong  Dengan cara itu selain gambar menjadi halus seperti aslinya juga lumayan awet Itu adalah jalur CKV1 CKV2 CKVB1 CKVB2 STV Semoga bermanfa'at 

Cara Jumper Kupingan Panel LCD Pada Jalur VGH/VGL

 Oke langsung saja tanpa basa basi

Hari ini saya kedatangan TV LED LG dengan gejala layar gelap dan suara ada lampu Backlight juga nyala
Setelah kurang lebih setengah menit gambarpun nonghol tapi tipis baget hampis gak kelihatan dan slow motion




Bagi yang sudah berkecimpung di bidang servis LED TV mungkin tidak heran lagi dengan kasus ini
Namun bagi teknisi pamula atau calon teknisi yang mau belajar akan lumayan bikin pusing

Panel LCD terbagi dalam 3 jenis Scan Drive

COF (Chip On Filem)

COG Chip On Glass)

GIP (Gate In Panel)

Untuk jenis COF yang masih di pergunakan adalah panel prodak

CHIMEI INOLUX

CSOT

Itu panel yang masih mempertahanlan COF Scan Drive smpai sekarang

Untuk jenis COG biasanya digunakan pada panel ukuran kecil seperti 24" Kebawah

Panel GIP sekarang sudah banyak diterapkan pada prodak

SAMSUNG

LG

AUO

Yang saya akan bahas disini adalah panel jenis COF prodak CHIMEI

Setelah TV saya buka langsung saya ukur VGH/VGL di bagial T-con dan semua ada normal

Lanjut saya buka panel dan terlihatlah 2 COF di sampina panel 
Langsung tes poin terlihat VGL ada -7V
Dan beralih ke VGH ternyata hilang


Nah yang saya tunjuk adalah jalur VGH sementara VGL berada disampingnya karena VGH dan VGL selalu berdekatan jalurnya

Langsung saja saya jumper pakai kawat email kecila langsung ke VGH di papan T-con dekan ic power sourc 

Walaupun agak bingung juga karena gak punya mata solder yang kecil 



Ini mata soldernya dan tanpa menggunakan alat bantu seperti kaca pembesar atau microscope

Setelah saya jumper jalur VGH dan saya coba kembali panelpun kembali bersinar terang




Meskipun ada bintik-bintik tapi biarlah kayaknya lampu Backlight sudah diganti sama bukan pasangannya 
Daripada tambah ribet dan harga servis gak sesuai mending biarin yang penting menyala
Karena bongkar pasang panel itu resikonya lumayan tinggi

Nah itu saja tutorial cara jumper VGH/VGL pada panel yang jenis Scan Drive COF

Untuk data tes poin sobat bisa lihat di  


Oke...
Sekian dari saya dan saya lanjut ke tutorial berikutnya Cara servis LED SAMSUNG UA32N4001AK Indikator cuma melotot gak mau start 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data COF Kupingan Panel LCD

CARA CEK IC PWM PSU LED TV OB2273/NCP1251