Cara Memotong Jalur Pada Panel LSC320AN09-G01

Gambar
 Sering kita jumpai kasus pada panel LSC320AN09-G01 terjadi blank sreen diakibatkan terjadi short kecil dari GIP scandrive sehingga tegangan dari ic multi power supply terproteksi Solusinya tentu sudah pada tau yaitu potong jalur data  Untuk mendapatkan hasil gambar yang sempurna seperti pada aslina sebelum di potong jalur  Maka cara pemotongan jalur harus tepat maka gambar akan halus seperti sedia kala tanpa ada serat kasar pada gambar Tapi masih banyak yang pelum rapih dalam pengerja'annya  Ada yang cuma potong 1 jalur Ada cuma potong 2 jalur Tentu saja selain gambar menjadi kasar kalau gambar bisa kembali itu juga akan menyebabkan jalur yang lain akan cepat short kembali jadi kurang awet Nah di bawah saya beri tanda pada gambar jalur mana saja yang harus di potong  Dengan cara itu selain gambar menjadi halus seperti aslinya juga lumayan awet Itu adalah jalur CKV1 CKV2 CKVB1 CKVB2 STV Semoga bermanfa'at 

Cara Service LG Plasma 43PN4500 Layar Gelap

 Assalamualaikum WR WB

Hai sahabat semua yang berkecimpung di bidang service elektronik terutama perangkat televisi

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial cara service LG Plasma 43PN4500
Dengan gejala ada suara namun tidak ada gambar

Beberapa hari yang lalu saya dapat servican LG Plasma 43PN4500 yang katanya ada suara namun tidak ada gambar

Setelah saya buka tutup belakang dan amati Y-main dan X-main terlihat di Y-main ada C yang meletus dan berbekas gosong


Nah seperti pada gambar 

Namun tidak cukup sampai di situ saja saya cek satu per satu IGBT dan ditemukan IGBT dalam keadaan short 4 biji mungkin karena Capasitor yang meledak itu

Selanjutnya pergantian Capasitor dan IGBT  berhubung IGBT SMD tidak tersedia saya ganti saja dengan IGBT biasa yang penting Amper dan Tegangan sama atau bisa pakai yang di atasnya





Seperti itu di tempel saja di bawah PCB seperti pasang IGBT SMD


Setelah IGBT dan Capasitor terpasang terus saya pasanga kembali Y-main 

Coba hidupkan ternyata tetap gak mau nyala dan indikator di T-con juga gak menyala 

Waduh jangan-jangan ini T-con juga mati 

Dengan hati yang penasaran terus saya ukur tegangan 5V di T-con ada normal dan ukur lagi tegangan 18V di T-con Ternyata naik turun 

Bongkar lagi Y-main dan mulai urut jalur 18V sampai lah di ic 7818 Coba ukur ternyata short


Dan ukur lagi yang lainnya ternyata masih ada juga yang short

1 buah Mosfet dan Dioda di kaki ic 7818 namun untuk Dioda saya lupa fotokan

Mosfet yang hort itu K8A60DA


Namun berhubung Type yang sama juga tidak ada lalu saya ganti dengan Mosfet SMK830F

Setelah semua di ganti lalu saya pasang kembali dan hasilnya gambarpun nonghol kembali dengan normal tanpa cacat






Catatan

Ketika kita mengganti IGBT maupun MOSFET kita harus cek terlebih dahulu Resistor SMD yang ada di kaki Gate sebab kalau R itu dalam keadaan putus atau melar maka IGBT atu MOSFET akan jebol kembali

Demikian tutorial dari saya itulah pengalaman saya ketika sertvice LG Plasma 43PN4500 yang layar gelap gulita 

Terimakasih telah berkunjung ke Blog saya dan semoga semua tutorial dari saya bisa bermanfa'at bagi yang masih belajar seperti saya jadi intinya mari kita belajar bersama 

Wassalamualaikum WR WB

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data COF Kupingan Panel LCD

CARA CEK IC PWM PSU LED TV OB2273/NCP1251

Cara Jumper Kupingan Panel LCD Pada Jalur VGH/VGL