SAMSUNG UA43K5002AK MATI TOTAL

 Hallo kawan selamat berjumpa lagi di artikel saya Nurjaman Elektro

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki TV LED SAMSUNG UA43K5002AK yang kondisinya mati total gak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali 

Seteleh saya bongkar tutup belakang langsung menuju block Power Suplay dan cek mulai dari Fuse dan ternyata Fuse aman tidak putus itu berarti FET juga aman 

Lanjud Cek Dioda output siapa tau ada yang bocor/short ternyata Dioda juga aman tidak ada masalah

Kembali lagi ke bagian Primer Power Suplay cari bagian VCC ic PWM dan ukur dengan skala Dioda di Multi Tester 
Wuah ternyata Short


PWM menggunakan OB5269 berhubung gak ada stok dan PWM saya cabut dulu sambil nunggu beli

Ketika ic PWM sudah ada langsung saya ganti tidak lupa juga mengganti ic TL431 dan optocoupler biar cek gur


Setelah saya pasang semua lanjut pasang Mainboard ke TV dan coba nyalakan 

Ternyata Alhamdulillah langsung menyala tanpa kendala apapun lagi



Nah itulah cara memperbaiki TV LED bila kasus mati total tapi Fuse tidak putus dan meteran KWH tidak turun dapat di simpulkan kalau tidak Dioda output yang short ya ic PWM mati sehingga FET Power Suplay tidah mendapatkan pulse jadi FET tidak bekerja

Oia kalau mengganti ic PWM atau memperbaiki Power Suplay jangan lupa ganti ic TL431 dan juga optocouler biar semua berjalan normal

Wasalam dari saya Nurjaman Elektro

Sampai jumpa lagi di tutorial berikutnya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA CEK IC PWM PSU LED TV OB2273/NCP1251

Data COF Kupingan Panel LCD

Cara Jumper Kupingan Panel LCD Pada Jalur VGH/VGL